Kamis, 13 Januari 2011

Album-Album Terlaris Indonesia Tahun 1980-1990

Di bawah ini adalah daftar album-album terlaris di Indonesia dengan angka penjualan minimal 1 juta keping yang diurutkan berdasarkan jumlah album yang berhasil terjual, dan tahun rilisnya (di era 1980an hingga 1990an).

1. Sandiwara Cinta (1995) - Nike Ardilla
Sebenarnya album ini adalah album terlaris di Indonesia, tapi hal itu dragukan karena isu kalau angka penjualan album di era 1980an hingga 1990an banyak dimanipulasi untuk menciptakan citra positif seorang penyanyi. Dikabarkan, hanya 3 bulan edar album ini terjual 900Ribu kopi!.dan Total penjualannya mencapai 3 Juta keping!, dan menjadi Omzed Jual Terbesar dlm sejarah HDX Award.

Daftar Lagu:
1. Sandiwara Cinta
2. Deru Debu
3. Kau Bukan Untukku
4. Sanggupkah Aku
5. Cintaku Suci
6. Menyibak Tirai Kelabu
7. Bila
8. Pudar
9. Bayang Dirimu
10. Menanti Kejujuran

2. Bintang Kehidupan (1990) – Nike Ardilla
5 tahun sebelumnya, Nike juga pernah merilis Album Rock Terlaris dlm BASF Award 1991.Nike mematahkan dominasi Nicky Astria untuk kategori rock. Album ini sangat hits dan meledak di pasaran.Terjual lebih dari 2 juta keping!.

Daftar Lagu:
1. "Bintang Kehidupan" (Deddy Dores)
2. "Khayal" (Teddy Riady & Wildan)
3. "Kesal" (Teddy Riady & Wildan)
4. "Putih" (Pance F Pondaag)
5. "Salut" (Daeng JP & Ryan Kyoto)
6. "Terserah" (Dody Lesmana & Deddy Dhukun)
7. "Aneh-Aneh Lucu" (Daeng Jamal Purba)
8. "Cinta Hati" (Luli Widharmadi)
9. "Kelam" (Dody Lesmana & Dommy Allen)
10. "Bayang-Bayangmu" (Dommy Allen)







3. Dingin (1979) – Hetty Koes Endang (Hetty Koes Madewy)

Dikenal dengan nama Hetty Koes Endang mulai menyanyi sejak berusia sepuluh tahun. Karier Yeyet, begitu panggilannya, dalam dunia rekaman dimulai pada 1973, lewat Nada Sound dengan lagu Musim Semi. Nama Yeyet melejid di dunia hiburan setelah melantunkan tembang Dingin karya Rinto Harahap. Album ini kabarnya laris sampai 1 juta keping!.

4. Sarjana Muda (1981) – Iwan Fals
Album perdana Iwan Fals bersama Musica Studio’s benar-benar dikerjakan secara serius. Begitu beredar, album ini langsung menjadi pembicaraan. Masyarakat Indonesia yang pada saat itu kenyang disuguhi lagu dengan nuansa cinta mungkin kaget mendengar lirik lagu Iwan Fals yang bernuansa sosial. Album ini meledak di pasaran, hampir seluruh stasiun radio menjadikan lagu Guru Oemar Bakrie pada puncak tangga lagu mereka. Album ini menjadi titik awal perubahan warna musik Indonesia. Lagu yang ada pada album ini adalah "Sarjana Muda", "Guru Oemar Bakrie", "Bung Hatta", "Doa Pengobral Dosa", "Si Tua Sais Pedati", "Ambulance Zig Zag", "22 Januari", "Puing", "Yang Terlupakan", "Bangunlah Putra Putri Pertiwi". Album ini terjual sampai 1 juta keping!.

5. Hati Selembut Salju (1983) – Jamal Mirdad
Jamal Mirdad menggebrak pentas musik lokal bermodal singlenya Hati Selembut Salju. Gara-gara album ini, album Hati Selembut Salju terjual sampai sekitar 1 juta keping!.

6. Tak Ingin Sendiri (1985) – Dian Pisesa
Nama Dian Pisesa melejit setelah menembangkan Tak Ingin Sendiri. Berkat tembang ini, album bertajuk sama terjual hingga 1 juta keping!. Berkat lagu ini pula, Dian dianggap sebagai salah satu penyanyi populer di zamannya.

7. Madu dan Racun (1986) – Bill & Broad
Album karya Bill & Broad (vokalisnya bernama Ari Wibowo) ini, memuat hit andalan, “Madu dan Racun” yang begitu populer di media 80-an, bahkan lagu tersebut di-recycle oleh penyanyi-penyanyi sekarang, seperti Trinity (Boyband asal Perancis) dan J-rocks, tapi dengan genre lain dan aransemen yang lebih menarik. Album ini terjual lebih dari 1 juta keping!.

8. Kalangkang (1988) – Nining S. Maeda
Album daerah penjualannya tak terlalu dahsyat. Tapi ditangan Nining S. Meida,fakta itu tak berlaku. Album yang berirama pop Sunda, Kalangkang, berhasil meraih angka penjualan 1 juta keping!.

9. Hati Yang Luka (sekitar 1990an-1995) – Betharia Sonata

Lewat tembang “Hati Yang Luka”, mantan suami Willi Dozan ini menguasai pasar musik lokal. Buktinya, album keluaran Musica Studio’s ini laku sampa 1 juta keping!. lagu ini sangat populer sampai-sampai penciptanya, Obbie Mesakh membuat lagu sekual yang berjudul “Jawaban Hati Yang Terluka”.


Sumber : theinsteiner.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar